Image

sebelum buka puasa sempet liat tv..
tabligh akbar sm KH. Zainuddin..
beliau cara ngomongnya enak banget.
dan sering menganalogikan sesuatu hal..

sebenernya ada banyak yang dibahas.
tapi cuma beberapa aja yang mau aku tulis..
semoga bermanfaat. =)

yang pertama..
alangkah baiknya bila kita hidup di dunia ini dengan mengambil prinsip seperti tukang parkir.
apakah itu?

ketika banyak mobil yang parkir..
okelah dia seneng.karena pastinya dapet rezeki..tapi ingat.dia tidak akan sombong..
kemudian ketika mobil2 itu pergi..dia tidak pernah bersedih.
mengapa?karena dia sadar semua itu hanyalah titipan.
jadi apa yang bisa disombongkan?apa yang harus ditangisi?
karena semua mobil2 itu bukan miliknya..

begitu juga dengan diri kita.
segala apa yang kita miliki di dunia ini hanyalah titipan dari Allah.
harta,keluarga,jabatan,kec

antikan,ketampanan,kepintaran, semua2nya..
jadi jangan sombong ketika kita di titipi sesuatu.karena itu adalah amanah.yang suatu saat nanti akan diminta pertanggung jawabannya..
jangan pula bersedih.menangis.ketika semua titipan itu di ambil olehNya.
karena semua itu adalah milikNya.bukan milik kita..

yang kedua..
tentang musibah yang menimpa diri kita.
ternyata musibah itu di bagi tiga.
1. musibah yang menimpa orang yang beriman, disebut ujian.
2. musibah yang menimpa orang yang setengah2, disebut peringatan.
3. musibah yang menimpa orang kafir, disebut penanda.

sering kita melihat orang yang alim, baik, menjalankan agama dengan lurus, mendapat ujian.
apakah Allah tidak sayang? bukan.sama sekali bukan seperti itu.
mereka mendapat ujian karena Allah ingin mengangkat derajat mereka.
layaknya sekolah..ketika akan naik kelas, pasti ada ujian kan?
dan kenapa mereka yang di uji, karena yang sekolah lah yang di uji.
kalo ga sekolah, gimana cara ngujinya?

mungkin kebanyakan dari kita termasuk yang setengah2.
sholat iya, ngaji iya, sedekah iya, tapi masih bohong.masih ngebantah orang tua.masih sering mengeluh..
orang2 seperti ini diberi musibah sebagai peringatan. bahwa apa yang mereka lakukan salah.
dan mereka harus segera kembali kepada jalan yang benar..

semoga kita bukan termasuk orang2 yang di golongan ketiga.
karena mereka diberi musibah sebagai penanda.bahwa mereka adalah orang2 kafir.
salah banget kalo ada orang yang ga pernah sholat, sukanya judi, mabuk2an, di beri musibah trus bilang
“saya ini sedang diuji…”
apa yang mau di uji???
balik dulu ke jalan yang bener…baru diuji buat naik level..

naah.yang terakhir ini tentang puasa.pas banget sm momen ramadhan.
tujuan kita berpuasa sudah tertera dalam al Qur’an surat Al Baqarah : 183
“Hai orang2 yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat2 sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”
Yang perlu di garis bawahi adalah..
yang diperintahkan berpuasa disini adalah orang2 yang beriman..
untuk apa?agar setelah ramadhan selesai..orang2 yang beriman itu menjadi orang2 yang bertaqwa..

selama bulan ramadhan itu, hendaknya kita ga cuma ‘puasa aja’.alias cuma dapet laper n haus..
mungkin semua udah tahu kalo hal2 yang membatalkan puasa adalah makan atau minum dengan sengaja, atau bersetubuh dengan sengaja diantara rentang waktu mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari…
itu adalah hal2 yang membatalkan puasa.

tapi ingat.
ada juga hal2 yang membatalkan pahala puasa.
kalo puasanya batal, otomatis pahalanya juga batal.
tapi kalo pahalanya batal, puasanya ga batal.
contoh yang membatalkan pahala puasa antara lain marah, mengumpat, berkata kotor, dll.
maka yang harus dihindari adalah hal2 yang membatalkan puasa, juga yang membatalkan pahala puasa..
mengapa?
gini deh.
kalo pahala puasa kita batal, okelah.kewajiban kita untuk menjalankan puasa udah gugur.tapi nilai kita nol.
kaya ngerjain PR.
kita ga mungkin dihukum kalo udah ngerjain PR..
tapi karena kita ngerjainnya asal, kita dapet nol.
ga mau kaya gitu kan?

mumpung belum telat..
mari berbenah diri.
SEMANGAT!
=)