Tags

, , , , , ,

IMG_1218Mencari penginapan saat traveling merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi saat ini kita sangat dimudahkan dengan berbagai website untuk booking hotel.

Kita juga bisa melihat review dari orang yang pernah bermalam disana, serta foto asli yang diunggah selain dari pihak hotel sendiri.

Yang perlu dipikirkan saat akan booking hotel adalah :

  1. Budget. Nggak perlu muluk-muluk harus hotel bintang lima untuk istirahat yang nyaman. Uangmu bisa dihemat untuk keperluan lainnya.
  1. Tujuan wisata. Pastikan tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Kemudian carilah penginapan yang berlokasi tidak jauh dari tempat-tempat tersebut supaya hemat waktu dan ongkos transportasi.
  1. Fasilitas. Butuh sarapan? Maka carilah penginapan yang include breakfast. Butuh AC? Carilah penginapan yang menyediakan AC. Begitu pula bila kamu mengharuskan kamar mandi dalam, ada TV, kulkas dan lain-lain.

Saat traveling ke Solo kemarin, saya dan suami memutuskan untuk menginap di Hotel Griya Surya. Alasannya sederhana. Fasilitas oke (meski shared bathroom) dan harganya sangat terjangkau. Rp. 95.200 per malam. Wow banget kan.

Kami mendapatkan harga murah setelah berselancar di agoda, hotel dot com, booking dot com, pegipegi dot com. Bila ingin harga termurah, memang harus menyisihkan sedikit waktu untuk membandingkan satu dengan yang lain.

Dan yang kami dapatkan, melebihi ekspektasi. Hotel Griya Surya terletak di Solo baru, agak jauh dari tujuan wisata kami (sekitar 10-15 menit dengan mengendarai motor). Namun dengan pinjaman motor dari adik, jarak tersebut bukan masalah bagi kami.

Hotel terletak persis di tepi jalan raya. Sangat mudah ditemukan. Namun di kamar sama sekali tidak terdengar bising kendaraan. Dalam sekali pandang, hotelnya bersih dan terawat dengan baik. Kasur spring bed twin, ada AC, tv, dan free wifi.

Yang melebihi ekspektasi : di ruang makan tersedia air hangat dan dingin yang bisa diambil kapan saja. Tersedia pula gelas, gula teh dan kopi bila ingin menyeduh. Di dekat resepsionis juga ada dapur yang bisa digunakan untuk memasak. Jangan lupa membersihkan alat masak saat selesai memakai yaa.

Kamar mandi meski terletak diluar kamar dan dipakai bersama-sama, kondisinya sangat bersih sekali. Banyak sabun cair yang disediakan di dinding kamar mandi, namun saya kurang tahu itu sabun mandi atau cuci tangan saja😄

Sarapan yang kami peroleh adalah roti tawar dengan berbagai topping yang bisa dipilih. Buat kami itu sudah cukup mengganjal perut sebelum sarapan yang sebenarnya. Hehehe.

Yang masih kurang memuaskan, kamar mandi cukup sempit sehingga agak kerepotan saat menaruh berbagai perkakas. Salah satu dinding kamar terbuat dari triplek sepertinya, sehingga mungkin kurang begitu kedap suara.

Yang paling berkesan bagi saya adalah saat akan checkout. Jam checkout dari hotel adalah pukul 12.00. Akan tetapi karena sesuatu dan lain hal, kami baru bisa checkout pukul 12.40. Udah deg-degan karena bila telat checkout akan dihitung sewa semalam lagi, tapi ternyata tidak! Kami bisa checkout dengan lancar. Alhamdulillaah.

Bila ingin menginap di Solo dan jarak tidak menjadi masalah, maka kami sangat merekomendasikan tempat ini. Dengan harga minimal, sudah sangat melebihi ekspektasi.