Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

img_2536

ke hotel pake nyasar karena naik bus

Buat yang mau jalan-jalan ke Melaka mungkin bisa membantu. Melaka terkenal dengan spot cantik buat foto-foto serta cita rasa asam pedas khas masakan peranakan. Thanks to Neng Asco group yang udah ngasi banyak masukan. šŸ˜€

Dari klia2 turun ke lantai 1 tempat bus dan taksi, beli tiket ke Melaka Sentral. Saya dapet Bus Starmart 25 RM/orang. Busnya uenak, kursi sangat lebar dan ada sandaran kaki. Perjalanan sekitar 2-3 jam. Kurang tahu apakah ada perusahaan bus lain untuk rute ini. Dari Melaka Sentral ke tengah kota bisa naik bus nomer 17 atau taksi atau Uber. Saya dan suami naik bus, nunggu lumayan lama di terminal Melaka Sentral (sekitar 20 menit).

img_2524
Saya menginap di Hotel Novotel Melaka, lokasi agak jauh dari pusat turis (15 menit jalan kaki). Jadi karena menghemat tenaga, kemana-mana naik Uber karena lebih murah dari taksi biasa. Pake bus umum agak susah karena jalan banyak yang satu arah. Kalau pengen deket dengan spot turis bisa nyari penginapan di dekat Jonker Street. Ada banyak banget pilihan.

Jalan-jalan kemana? Makan dimana? Kalau gamau bingung, lihat tripadvisor aja. Pilih deh dari banyak list yang tersedia.

Place to visit :
1. Jonker Street
2. Dutch Square dan sekitarnya
3. Masjid Selat Malaka (lihat sunset sekalian Sholat Maghrib)
4. Museum Islam Melaka
5. Baba and Nyonya Heritage Museum
6. Museum Maritim
7. Cheng Ho Cultural Museum
8. Masjid Kampung Kling

img_2572

Air mineral murah 1 RM di Jonker Street

img_2544

Dutch Square dan sekitarnya

img_2557

Masjid Selat Malaka

img_2605

Museum Islam Melaka

1484035558329

Replika salah satu pedang Rasulullah

img_2594

Buya Hamka di Museum Islam Melaka

img_2616

Lihat segiempat kecil warna hitam di bagian atap? mungkin ini awal mula CCTV. Saat ada yang mengetuk pintu, tuan rumah bisa melihat dari lantai 2 siapa yang datang

img_2673

Museum Maritim

Saya yang sebelumnya masih awam banget tentang Laksamana Cheng Ho, sangat tercerahkan dengan mengunjungi Museum ini. Beliau ternyata memimpin armada sebanyak 28.000 orang saat berlayar. Menjadikan beliau pelaut ulung sebelum era pelaut Eropa. Saya juga sangat berdecak kagum saat masuk ke Masjid Kampung Kling. Salah satu masjid tertua (dibangun sekitar tahun 1800an) tapi luar biasa terawat. Mukena bersih, lantai berkarpet, tempat wudhu serta kamar mandi yang bersih dan modern.

img_2647

ilustrasi armada Laksamana Cheng Ho

img_2651

img_2624

Old but gold

img_2622img_2621img_2618
What to eat :
1. Asam pedas nyonya (menu tergantung selera mau udang atau ikan atau lainnya)
2. Chicken rice ball
3. Es cendol
4. Fresh watermelon
5. Coconut shake

img_2659

Laksa Asam Pedas Nyonya

img_2661

Coconut shake refresh your day

Fresh watermelon ini lucu banget. Semangka dilubangin trus isinya dihancurkan, dikasi es plus sendok dan sedotan. Saya pecinta semangka jadi excited banget. Penasaran dengan alat yang dipake buat ngancurin isi semangka padahal lubangnya kecil banget, ternyata pelakunya adalah mixer. Sayang masih ada bijinya. Jadi harus dikeluarin satu-satu dulu baru bisa enak nikmatinnya.

img_2657

semangka ajaib

img_2656

pelakunya adalah mixer

Sebelum minum es cendol, saya sempat membatin. Kalau sampe lebih enak es dawetnya RSI Jombang, saya mau jualan dawet di Melaka. Ternyata rasanya beda! Karena santannya didinginkan terlebih dahulu sepertinya dan sangat kental. Hampir mirip es krim atau es puter gitu. Ditambah perpaduan gula merah khas Melaka yang juga endess banget.

img_2660

es cendol nyonya

Masakan peranakan halal bisa didapatkan di deretan pertokoan dengan Hotel Novotel. Namanya EeJiban Chicken Rice Ball. Kalau laper, pesen rice ballnya yang banyak ya wkwk.

img_3273

img_2569

chicken rice ball dan udang asam pedas

Sukanya di Melaka, bahkan di tengah spot turis bisa dengar adzan dan ada mushola. Mungkin nggak banyak yang tahu, di atas Tourist Information Centre sebelah sungai itu mushola lho. Nyaman banget pula. :”)

img_2629

Surau Warisan

img_2625
Jangan lupa bawa sunblock, sunglasses, topi dan semua perangkat karena Melaka itu panas banget! Ya namanya deket pantai sih hahahaa. Atau kalau nggak mau panas-panasan, waktu siang dipake buat ke Museum aja. Dijamin adem. šŸ˜€

img_2587

rumah sakit yang sering didatangi warga Indonesia

Balik ke klia2 saya pakai transnasional bus dari Mahkota Medical Center (bus berhenti di halte dekat 7 eleven) dan kursinya kaya bus patas biasa padahal harga sama kaya Starmart. Agak kecewa sih tapi waktu itu booking tiket pake app redbus dan yang availabel cuma transnasional. Starmartnya nggak muncul hiks. Barangkali bisa jadi pertimbangan.

Selamat berlibur ke Melaka!

img_2630

peta Melaka

Advertisements