Singkat saja tugasnya, bikin desain pembelajaran. Jeng jeng, seumur-umur baru denger istilah itu. Lha saya bukan guru. Wkwkwk. Setelah terkompori di grup matrikulasi, mulailah saya browsing tentang apa itu desain pembelajaran dan bagaimana cara bikinnya. Kenapa harus bikin? Lha kalo kita aja ga bisa bikin buat diri kita sendiri, gimana mau bikin buat keluarga kita?

Setelah browsing kesana kemari, saya merasa desain pembelajaran Gerlach & Elly inilah yang paling sesuai. Selain detil, dia juga bisa diaplikasikan untuk ilmu apapun. Selesai membuat desain ini, mau tidak mau saya standing applause untuk para guru yang sudah memikirkan sedemikian rupa agar anak didiknya bisa belajar dengan efektif & efisien sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman. Ini muridnya cuma satu, bisa dibayangkan kalo ratusan, apalagi ribuan??? Bapak ibu guru sungguh luar biasa.
a. Merumuskan tujuan pembelajaran (Specification of Object) >> target

diterima & lulus pascasarjana Manajemen Rumah Sakit, menjadi manajer rumah sakit dan membawa rumah sakit untuk memberikan pelayanan berkelas internasional, menjadi surveior Komite Akreditasi RS
b. Menentukan isi materi (Specification of Content)

1. Kebijakan kesehatan

2. Manajemen organisasi & SDM

3. Manajemen penunjang kesehatan

4. Manajemen pelayanan

5. Manajemen ekonomi kesehatan dan keuangan

6. Marketing dan bisnis

7. Teknologi kesehatan

8. Manajemen pengendalian infeksi

9. Manajemen kegawatan dan bencana

10. Manajemen strategis

11. Hukum & etika kesehatan

12. Manajemen risiko

13. Akreditasi JCI

14. Rencana tesis dan pasca lulus
c. Penilaian kemampuan awal siswa

Dokter umum, 2 tahun bekerja di rumah sakit, Ketua Tim Keselamatan Pasien RS, Ketua Pokja SKP Akreditasi RS, Anggota Tim Mutu RS, Anggota Komite Medik RS
Hasil talent assesment :

Bakat :

1. Connectedness

2. Harmony

3. Belief

4. Deliberative

5. Arranger

6. Empathy

7. Analytical

Kekuatan :

1. Analysing

2. Coordinating

3. Caring

4. Serving

5. Spiritualizing

6. Scheduling

7. Costing

Peran :

1. Arranger

2. Caretaker

3. Server

4. Analyst

5. Treasure
d. Menentukan strategi

Pendekatan yang saya lakukan dengan bentuk Inquiry learning dimana kekuatan analysing saya berperan dalam mengetahui sebab-musabab sesuatu dapat terjadi. Bakat deliberative juga mendorong saya untuk skeptis sehingga akan berusaha menemukan data yang menyeluruh agar saya mendapatkan gambaran utuh tentang materi yang ingin saya kuasai.
f. Pembagian waktu (Allocation of Time)

Ada 14 materi yang harus dikuasai dalam 2 tahun pendidikan pascasarjana serta 4 bulan persiapannya. Setelah lulus pasca, dalam waktu 5-10 tahun sudah mempertajam semua materi tersebut.
g. Menentukan ruangan (Allocation of Space)

1) Ruangan-ruangan kelompok besar : saat nanti kuliah Manajemen RS, dalam rapat struktural RS

2) Ruangan-ruangan kelompok kecil : dalam pertemuan tim RS dan diskusi dengan struktural/karyawan RS

3) Ruangan untuk belajar mandiri : saat membutuhkan teori/landasan yang harus dibaca
h. Memilih media (Allocation of Resources)

Sumber belajar saya :

1) Manusia dan benda nyata : seluruh jajaran rumah sakit dan pendukungnya

2) Media visual proyeksi : saat menempuh pendidikan manajemen RS

3) Media audio

4) Media cetak : dari buku ttg manajemen RS maupun akreditasi

5) Media display : dari media online ttg manajemen RS maupun akreditasi
i. Evaluasi hasil belajar (Evaluation of Performance)

1. Diterima S2 Manajemen RS

2. Menjadi manajer RS

3. Menjadi surveior KARS

4. Membawa RS berstandar JCI
j. Menganalisis umpan balik (Analysis of Feed Back)

Evaluasi : dari keluarga, dari pemilik RS, dari struktural RS dan karyawan RS, kolega dan rekan kerja.

Advertisements