Tags

, , , , , , , , , , ,

19396834_1528620513836030_6726181389271482311_n

Senengnya visa UK di approve ngalah-ngalahin senengnya lolos tes kuliah XD

Keseringan baca postingan di grup Facebook Backpacker Iinternasional (BI) jadi pengen nantangin diri sendiri. Bisa nggak apply visa UK buat ayah ibu tanpa bantuan travel agent dan di approve? Ternyata bisa!  Alhamdulillaah ya Allah. Terima kasih banyak kepada para suhu BI yang sudah membantu saya. Kesimpulan saya setelah visa diterima, sebenarnya semua informasi sudah disediakan. Tinggal kita MAU mencari (MEMBACA) atau enggak.

Kerempongan mulai dari apply online, ngisi data biar sesuai sama duit yang di tabungan, sesuai sama harga tiket dan hotel, paspor jaman dulu yang ditarik sama imigrasi, dan mengingat-ingat riwayat perjalanan kemana aja. Kerempongan yang worth it karena satu tantangan terlewati.

Barangkali ada yang profesinya sama (kebetulan ayah ibu saya dokter), berikut dokumen yang saya siapkan :

SEMUA DOKUMEN HARUS DALAM BAHASA INGGRIS dan BERUKURAN A4.

  1. Dokumen yang perlu diterjemahkan : akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, surat nikah, surat ijin praktek.
  2. Dokumen yang disiapkan :
    – paspor
    – detil penerbangan (tiket pesawat), kebetulan tiket sudah issued krn beli waktu promo GA. Inilah yang bikin deg-degan banget visanya diapprove apa enggak.
    – surat keterangan dari tempat kerja (contohnya banyak tinggal googling). Ayah saya kerja di RS jadi minta ke RS, ibu saya buka praktek pribadi jadi bikin surat pernyataan (tanpa materai bisa)
    – tambahan untuk ibu : surat ijin praktek dan surat tanda registrasi dokter (STR). Kebetulan STR sudah in English jadi ga perlu ditranslate
    – bukti pemasukan tiap bulan dan saldo yang tersedia di tabungan. Ayah pakai Bank BNI dan Bank Muamalat, Ibu pakai Bank Syariah Mandiri. Bisa rekening koran atau buku tabungan. Tapi kemarin saya sediakan dua-duanya karena saldo yang tercetak di rekening koran terakhir sebulan sebelum tanggal penyerahkan dokumen yang lebih update saldo dari buku tabungan
    – statement letter dari bank (contohnya banyak bisa di googling, biasanya tinggal ngomong ke bagian CS bank. Kalau di Muamalat ada form permintaan yang sudah disediakan, kalau BNI bikin surat permohonan sendiri)
    – konfirmasi booking hotel. Ini masih booking pakai booking.com, jadi belum bayar apa-apa. Free cancelation
    – surat nikah
    – KK
    – akta kelahiran
    – KTP
  3.  Tambahan kalau mau pake layanan priority visa, fotokopi semua halaman paspor dari depan sampe belakang (termasuk halaman kosong)

 

Semua dokumen resmi saya berikan fotokopiannya in English (nggak perlu diserahkan yang asli yang penting TERBACA karena nanti akan discan). Meski di web imigrasi UK tercantum bahwa dokumen yang disubmit harus asli, ternyata waktu dateng ke VFS Global Surabaya yang diminta kopiannya saja. Dokumen resmi yang saya maksud adalah yang nggak boleh hilang seperti : Akta, KTP, KK, surat nikah dst. Kalau surat pernyataan atau surat dari tempat kerja kasih yang asli juga gapapa. Semua dokumen saya bikin dobel untuk ayah ibu karena aplikasi tersebut akan diproses sendiri-sendiri meskipun waktu penyerahan dokumen ayah dan ibu berurutan.

 

IMG_8889

all document must be originals

Khusus buat ibu yang berangkat sebagai dependant ayah, meski punya bank statement dan saldo sendiri, tetap saya lampirkan bank statement dan bukti saldo ayah sebagai penjamin. Jenis visa yang di apply adalah visa turis standar dengan maksimal stay 6 bulan. Ayah dan ibu melakukan penyerahan dokumen di VFS Global Surabaya karena domisili di Jawa Timur.

Saran saya buat yang mau apply, berikut urutan efektifnya :
1. Terjemahkan dokumen di sworn translator (kalau antri banget bisa 2 minggu-1 bulan). Di web juga tercantum ketentuan dokumen yang ditranslate, saya kurang tahu apakah bisa diterjemahkan sendiri/diterjemahkan bukan oleh penerjemah tersumpah.
2. Bikin akun apply visa online di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome. Cermati baik-baik pertanyaannya dan dijawab dengan baik juga. Untuk apply visa online TIDAK PERLU submit dokumen apapun. Saya ngisi formnya butuh waktu sekitar 2 bulan, entah saking lemotnya apa gimana Karena waktu udah mepet akhirnya memutuskan untuk apply fasilitas priority visa (PV) juga. Kalau ngisinya bisa cepet ga perlu PV biar lebih hemat.
3. Siapkan dokumen pendukung lainnya, bisa diminta 2-3 minggu sebelum penyerahan dokumen supaya tanggalnya nggak jauh beda dengan waktu penyerahan dokumen jadi datanya update.

IMG_8888

ketentuan dokumen yang diterjemahkan

Terakhir, banyak-banyak berdoa. Mudah-mudahan visa diapprove dan perjalanan lancar serta barokah.

Tips khusus buat yang mau apply di VFS Surabaya, tidak disediakan tempat duduk bagi pengantar. Jadi mending nanti janjian aja buat nunggu di lantai dasar karena di lantai dasar ada banyak toko jualan makanan biar gak gabut.

Berikut saya lampirkan ceklis serta contoh dokumen yang bisa disiapkan. Ceklis ini saya ambil dari web VFS Global. Waktu nyerahkan dokumen dikasi ceklis ini juga. Kalau ini link dari imigrasi UK yang bisa dibaca-baca. Insya Allah ASAL MAU BACA semua informasi bisa didapatkan dengan lengkap.

https://www.gov.uk/standard-visitor-visa/documents-you-must-provide

https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/549692/Visitor_Supporting_Documents_Guide_-_English_version.pdf

Orang tua saya submit dokumen tanggal 9 Juni 2017, tanggal 16 Juni 2017 sudah jadi dan tanggal 17 Juni 2017 paspornya sudah sampai ke rumah (dikirim visa jasa pengiriman). Ini pakai layanan priority visa dengan komitmen selesai 3-5 hari. Kalau tanpa PV selesainya sekitar 15 hari kerja. Biaya visa 1,5 juta. Kalau di Surabaya ada tambahan 1 juta. Biaya layanan priority visa 3 juta.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements