Hari keempat. Abstrak sudah hampir selesai akan tetapi masih belum ada nama dosen pembimbing. Dulu saat penjelasan tentang perkuliahan sempat diberitahukan bahwa terkait artikel untuk jurnal, boleh konsultasi ke semua dosen (tidak ada ketentuan). Maka dari itu saya berusaha menanyakan kepada alumni mana kira-kira dosen yang direkomendasikan.

Setelah berpikir panjang, muncullah satu nama dosen. Saya langsung menghubungi beliau untuk memohon izin dan beliau mengizinkan! Alhamdulillaah betapa Allah memberikan kemudahan. Tapi ternyata masalah belum berhenti disitu.

Abstrak yang diminta dalam format Bahasa Inggris maksimal 200 kata. Karena Bahasa Inggris saya pas-pasan, jadi saya buat di Bahasa Indonesia dulu lalu saya terjemahkan ke Bahasa Inggris menggunakan google translate. Setelah itu saya koreksi lagi tata bahasanya. Susah sekali merangkum penelitian hanya dalam 200 kata. Pilihan kata harus tepat, penulisan harus jelas sehingga dalam sekali membaca reviewer akan memahamai penelitian kita.

Setelah kejadian tulis-hapus-tulis-hapus berulang kali plus bimbingan suami, akhirnya saya berhasil membuat abstrak 200 kata. Rasa haru yang sungguh tidak terkira. Mengingat terakhir kali saya membuat abstrak sudah berlalu berpuluh purnama. 😂 

Abstrak berhasil saya kirimkan H-1 deadline penutupan. Mudah-mudahan menjadi berkah.

#Day4

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KelasBunsayIIP