Tiga tahun menjalani masa SMA, selain mencatat yang diucapkan guru di kelas, saya juga menyadari bahwa untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, ketika ada tugas yang harus diselesaikan akan saya selesaikan sesegera mungkin. Bila ada hambatan, saya tanyakan langsung kepada guru yang bersangkutan. Sehingga tidak ada “hutang materi” bila dalam pertemuan berikutnya sudah mempelajari materi baru. 

Pun saat guru menjelaskan dan ada yang tidak saya pahami, akan saya tanyakan langsung saat itu juga. Alhamdulillaah ini menjadi metode yang sangat baik dan efektif. Saya akhirnya juga bisa membantu teman yang lain bila mereka mengalami kesulitan.

Kemudian saya belajar lagi, bahwa untuk bisa bertanya, saya harus memahami apa yang menjadi hambatan saya. Pelajaran di kelas amat singkat bila dibandingkan dengan materi yang diberi. Maka malam sebelumnya, saya akan membuka materi dan membaca terlebih dahulu apa yang akan diberikan keesokan harinya. Ketika guru mengajar di kelas, saya langsung paham mana yang harus saya tanyakan untuk menambah ilmu. 

Jadi selain mencatat, bertanya, mengerjakan tugas, kemudian membaca materi sebelum diberikan. Ini merupakan gabungan dari gaya belajat visual dan auditorik meski visualnya jauh lebih berperan.

#Tantangan10Hari

#Level4

#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP

Advertisements