Suami memiliki gaya belajar yang berbeda dengan saya. Sejak kecil beliau terbiasa untuk mempelajari sesuatu secara otodidak. Hal itulah yang sering membuat saya terkagum-kagum. Beliau bisa membuat program komputer sederhana (padahal bukan lulusan IT), bisa mendesain, memperbaiki alat elektronik, pun beliau bisa lulus tes IELTS tanpa ikut kursus. Sering saya menanyakan, kok bisa sih belajar sendiri? Beliau menjawab, “Kan sekarang informasi sudah tersedia hampir tanpa batas. Internet sudah ada, asal mau nyari dan belajar ya pasti bisa.” Apalah saya yang make internet buat nonton drama korea 🤣. Suami sering mengantuk bila ikut ke dalam sebuah kelas. Kebalikan dari saya yang justru melek maksimal dan antusias. 😂 

Namun tetap saja saya nggak bisa otodidak. Hanya saja sedikit demi sedikit saya juga mulai belajar untuk bisa belajar mandiri dalam hal yang menarik untuk saya. Begitu pula dengan suami, yang awalnya beliau sangat tidak suka sekali untuk membaca buku. Akan tetapi ketika memasuki perkuliahan S2 dan diwajibkan membaca buku tertentu, alhamdulillaah beliau menjadi sangat antusias karena tema yang diberikan sesuai dengan passion beliau.

Ya, kami berdua memiliki cara yang berbeda. Namun kami berusaha untuk tidak saling memaksakan satu sama lain. Kami menunjukkan bahwa cara yang berbeda bukan menjadi suatu masalah, asal memang benar bisa membuktikan bahwa cara tersebut yang paling efektif dan optimal.

#Tantangan10Hari

#Level4

#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP

Advertisements