Saya sangat suka sekali dengan aktifitas menulis. Bagi saya, menulis adalah salah satu cara untuk menjadi “immortal”, meski kita meninggal, tulisan akan tetap dikenang. Bahkan bila bermanfaat, ilmunya akan terus mengalir dan pahalanya sampai ke akhirat.

Saya menulis sejak SD. Biasanya cerita fiksi karena saya suka membaca buku cerita. Berlanjut hingga SMP dan SMA, saya memiliki blog untuk mencatat jejak tulisan saya agar di masa depan bisa dibaca kembali tentang hal yang telah saya lalui. Saat kuliah, muncul keinginan untuk menulis buku tapi masih bingung menulis apa, kenapa harus menulis buku tersebut. Akhirnya saya mencoba mengirim tulisan yang kemudian dibukukan menjadi sebuah kumpulan cerita oleh penerbit. Alhamdulillaah!

Biasanya saya menulis hal-hal yang bisa menjadi inspirasi banyak orang untuk melakukan suatu kebaikan. Harapannya, orang yang membaca bisa memahami kebaikan tersebut dan ikut melakukannya juga. Namun saat kuliah S2, saya dihadapkan pada penulisan artikel ilmiah dengan struktur yang berbeda jauh dari tulisan saya biasanya. Saya belajar hal baru, bahwa menulis hal yang berlandaskan sebuah pengetahuan yang dianggap benar itu tidak mudah. Ada proses berpikir sistematis yang terlibat yang membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Akan tetapi di zaman hoax merajalela seperti saat ini, landasan berpikir seperti ini sangat diperlukan untuk membentengi diri dari berita yang tidak benar.

Harapannya kedepan saya bisa menulis minimal satu buku yang bermanfaat. Caranya, bertanya kepada yang sudah pernah menerbitkan buku. Mengapa? Bagaimana prosesnya? Dll. Semoga suatu saat bisa terwujud. Aamiin.

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunsayIIP

#BintangKeluarga

Advertisements