Rumah sakit terakhir yang kami kunjungi yaitu Shanghai Yodak Cardiothoraxic Hospital. Sebuah rumah sakit khusus untuk menangani kasus jantung dan bagian rongga dada, utamanya bila perlu dilakukan operasi. Rumah sakit juga menangani pasien yang mengalami serangan jantung maupun anak-anak yang mengalami kelainan jantung.

Dalam satu hari mereka bisa mengerjakan banyak sekali operasi jantung. Pun mereka seringkali melakukan bakti sosial, terutama untuk anak-anak di daerah Tibet karena ternyata mereka banyak yang mengalami kelainan jantung. Para dokternya begitu ahli dalam bidangnya, seringkali menerima award baik nasional maupun internasional. Tak jarang staf mereka diminta untuk menjadi pembicara di level internasional, bahkan pernah diminta untuk menjadi pembicara di Indonesia juga lho!

Dedikasi mereka, kecintaan mereka terhadap apa yang mereka geluti membuat mereka bisa fokus dan semakin memperdalam ilmu, melakukan riset, membuat inovasi yang semakin bermanfaat untuk umat manusia. Long life learning, begitu mottonya. Tidak berhenti belajar sampai nanti meninggal dunia. Bukankah memang begitu seharusnya?

Saya tidak akan pernah melupakan Shanghai. Kota yang cantik, modern, jalan dihias dengan bunga asli yang bermekaran cantik saat musim semi. Mudah-mudahan bisa kembali kesana lagi. Aaamiiin. 🙂

Advertisements